Program Operasi Jemput Bola

jb Sebagai mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Sylvi tahu pasti, banyak warga Jakarta yang memanfaatkan jasa orang lain untuk mengurus KTP, termasuk Akte Kelahiran. Alasannya macam-macam. Antaralain tidak ada waktu datang sendiri ke kantor kelurahan karena sulit meninggalkan pekerjaan. Apalagi, tidak jarang untuk mengurus KTP, perlu waktu berhari-hari.

Pada tahun kedua masa jabatannya, pas di bulan ramadhan tahun 2009, Sylvi menggelar pelayanan KTP dan Akte Kelahiran di Lapangan Banteng dalam sebuah kegiatan bersuluk Ramadhan Penuh Berkah. Kepada para lurah, Sylvi meminta agar memberitahu warga masing-masing bahwa di Lapangan Banteng ada pelayanan KTP dan Akte Kelahiran. ‘’Warga yang ingin berlanja dalam rangkian menyambut Hari Raya, bisa sambil mengurus KTP,’’ pesan Sylvi.

Luar biasa, setiap hari, ratusan warga datang ke Lapangan Banteng untuk mengurus KTP. Sylvi menyebut kegiatan pelayanan itu sebagai ‘’Operasi Jemput Bola.’’Sylvi kini adalah kandidat Calon Wakil Gubernur dan sudah melepaskan jabatannya sebagai Deputy Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata…..