Hanya PTMH Hewan Sakit Dilayani

hewan.jpg

Petugas di Pelayanan Terpadu Malam Hari tidak hanya melayani warga masyarakat. Hewan juga dilayani. Misalnya seperti: anjing, kucing dan hewan peliharaan lainnya. Itu sebabnya, Sudin Pertanian juga menurunkan dokter hewan di PTMH guna melayani warga masyarakat yang memiliki hewan peliharaan.

Di tahun pertama PTMH digelar pada tahun 2010, ada warga Utan Panjang yang datang dengan membawa sangkar lengkap dengan burung merpati di dalamnya. Petugas kemudian menjelaskan, sangkar dan burung tidak perlu dibawa ke lokasi PTMH. ‘’Cukup beri alamat Bapak di mana? Besok kami akan datang melakukan observasi apakah di tempat Bapak layak ada sangkar burung. Kalau memang layak, nanti akan kami beri izin,’’ kata si petugas.

            Di beberapa beberapa kelurahan, hewan terbanyak yang muncul di lokasi PTMH adalah anjing dan kucing. Walikota Saefullah selalu nampak tersenyum jika melihat ada warga yang membawa anjing dan kucing peliharaan untuk diperiksakan kesehatannya. ‘’Kalau pelihara hewan ya memang harus trajin diperiksakan kesehatanya. Mislanya disuntik antirabies,’’ kata walikota.

            Bang Ipul, demikian Saefullah biasa disapa, selalu menanyakan kenapa hewan peliharaan dibawa ke PTMH. Warga selalu menjawab, ‘’Ke dokter hewan pertama harus bayar. Di sini (di PTMH) gratis. Tempat praktik dokter hewan juga jauh dari rumah. Di sini kan dekat rumah,’’ kata mereka.